My Collection Photo

Minggu, 08 November 2009

Bilingual Campus

Menuju Kampus Dwi Bahasa



Menjadi kampus bilingual (bahasa-Arab dan Inggris, Red) adalah salah satu cita-cita STAIN Metro. Program tersebut tidak akan sukses tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak terutama dari pihak intern sendiri, yakni seluruh sivitas akademika STAIN Metro. Demikian sambutan Kepala Pusat Bahasa, Khusnul Fatarib, Ph.D., pada acara pembukaan Lomba Bahasa Asing di Kampus Damai STAIN Jurai Siwo Metro pada Rabu, (22/10) ?
Acara yang digelar di Lingkungan STAIN Metro tersebut diikuti oleh sebagian besar mahasiswa STAIN Metro terutama mahasiswa Prodi Bahasa Inggris dan dan Prodi Bahasa Arab ini, sebagai ajang evaluasi atas kemampuan berbahasa asing bagi mahasiswa. ?Efeknya langsung bagi para mahasiswa, adalah pada bagaimana menumbuhkan motivasi pada mereka untuk mau belajar bahasa Asing, namun kalau pada mahasantri lama ini, mereka sudah harus bisa dan mau mengaplikasikan bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan sehari-hari, tutur Yusti Arini, staf? Pengembangan Pusat Bahasa di sela-sela rehat Lomba Bahasa di STAIN Metro. Bentuk pelaksanaan lomba ini diharapan menjadi dengan mewajibkan seluruh Mahasiswa STAIN Metro untuk menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan sehari-hari.?Mereka boleh menggunakan bahasa Arab atau Bahasa Inggris sesuai kemampuan mereka, namun mereka wajib menggunakan salah satu bahasa pada hari tertentu, yakni pada waktu English Day atau Yaumul Araby?.?
Uniknya, program yang dikonsep untuk meningkatkan Skill berbahasa Asing? Mahasiswa STAIN Metro serta sebagai pendukung program kampus yang sedang berusaha menjadikan STAIN Metro menjadi Bilingual Campus itu adalah pada pelaksanaan English Day dan Yaumul Araby. Bahkan dilingkungan kampus pun seluruh dosen dan mahasiswa atau seluruh sivitas akademika STAIN Metro bisa berpartisipasi mendukung program ini, dengan cara mengawasi serta mengingatkan mahasiswia untuk selalu menerapkan bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan sehari-hari. Besar harapan program tersebut akan mampu menciptakan lingkungan berbahasa asing di STAIN Metro, sehingga mampu menghantarkan STAIN Metro menuju Bilingual Campus yang sesungguhnya.
Dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa ini, Pusat Bahasa juga selain menyiapkan kelengkapan laboratorium bahasa dengan teknologi tinggi, juga menerbitkan buku saku percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Buku ini telah didistribusikan secara gratis bagi seluruh mahasiswa STAIN Metro. Semoga harapan ini jadi kenyataan. Good Luck

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir
Visit Original Post Tas Murah Template